Sabtu, 02 Januari 2010

pertemuan 11Konsep Dasar Kreatifitas

Pertemuan 11
Konsep Dasar Kreatifitas
Konsep dasar kreatifitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang tidak dapat diciptakan atau dibuat orang lain pada umumnyaatau berkreasi. Konsep dasar kreatifitas juga dapat diartikan sebagai proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, baik gagasan maupun objek dalam suatu bentuk atau susunan baru (hurlock). Keterampilan untuk menemukan sesuatu yang baru, memandang subjek dari perspektif yang baru, dan membentuk kombinasi yang baru dari dua atau lebih konsep (evan).
Pola dasar berprikir kreatif adalah imajinasi, kita harus memiliki daya imajinasi yang tinggi sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang dapat dikaryakan. Jika kita ingin berpikir kreatif, kita juga harus memiliki data-data. Setiap selesai melakukan sesuatu kita harus mengevaluasi sehingga nantinya dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan atau kekurangan yang sudah kita buat. Aksi.
Ciri-ciri individu kreatif adalah sebagai berikut bebas dalam berpikir, tidak terbatas apa yang kita pikirkan, dan tidak terpaku pada satu hal saja. penuh daya imajinasi dalam berpikir, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang baru yang tidak dapat dihasilkan oleh orang pada umumnya. Ciri individu yang kreatif adalah selalu ingin tahu hal-hal baru dan selalu menambah ilmu pengetahuannya untuk dapat menghasilkan sesuatu yang baru. Individu yang kreatif adalah individu yang menyukai pengalaman baru yang sebelumnya belum mereka coba. Individu yang kreatif penuh dengan inisiatif. Individu kreatif juga bebas dalam berpendapat dan tidak takut untuk berpendapat. Individu yang kreatif juga mempunyai minat yang luas dan tidak terbatas karena didukung oleh sifat keingintahuannya yang besar dan rasa penasarannya yang yang kuat maka individu yang kreatif memiliki minat yang luas dan tidak terbatas. Percaya diri yang tinggi. Tidak mudah menerima sesuatu dan terus memperbaiki sesuatu yang dirasa belum maksimal. Berani mengambil resiko apapun terhadap sesuatu yang diambil dan diputuskan. Ulet, dan tidak mudah bosan terhadap sesuatu hal yang sedang dikerjakan.
Penyebab rendahnya kreatifitas adalah karena terlalu menekankan pada cara berpikir konvergen (menganggap hanya ada satu jawaban saja). kurangnya wawasan sehingga menyebabkan cara berpikir lentur. Yang melemahkan daya kreatifitas adalah takut mengubah kebiasaan yang sudah dilakukan pada umumnya. Takut berbuat salah dan ditertawakan sehingga sebelum memulai, sudah pesimis terlebih dahulu, dan tidak memiliki rasa humor yang tinggi. Kreatifitas dipengaruhi oleh lingkungan, keyakinan dan intelektual. Jika kita merasa diri tidak kreatif, bisa mengakibatkan seseorang benar-benar tidak kreatif. Padahal setiap orang bisa kreatif asalkan tahu kuncinya. Kreatifitas yang kita hasilkan harus mengenai kecerdasan yang kita punya (multiple intelligences) seperti; fisik, linguistik, matematis/logis, visual/spatial, musikal, naturalis, interpersonal (penceramah, pengajar), intrapersonal (komunikasi dengan diri sendiri).
Cara untuk meningkatkan kreativitas adalah seperti mengembangkan pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam pikiran kita, jadilah penjelajah pikiran, terbuka dengan gagasan terus menerus, kembangkan gagasan sebanyak-banyaknya, kembangkan cara baru untuk melakukan sesuatu dari kawasan atau tempat kenyamanan, gunakan imajinasi kita, dan isilah sumber inspirasi.
Ada sepuluh cara untuk menjadi kreatif, yaitu yakinlah anda bisa kreatif, yakinkan diri kita bahwa kita bisa kreatif dan bisa menghasilkan sesuatu dari pikiran kita yang kreatif. Ekspresikan kreatifitas dalam pekerjaan dan kehidupan. Munculkan jiwa kekanak-kanakan kita. Hilangkan pikiran logis, berpikir lentur dan santai. Lakukan sesuatu yang tidak biasa kita lakukan, lakukan hal-hal baru yang menantang. Isi ulang pikiran kita. Sering-seringlah dan rajinlah membaca buku dan lihatlah dunia luar. Milikilah kegiatan rutin jika pikiran sedang buntu. Tuliskan semua ide yang muncul, dan percayalah bahwa kita bisa melakukannya. Jadilah individu yang kreatif, analisis, kritis, cepat dalam mengambil keputusan, dan bisa memecahkan masalah. Jadilah individu yang selalu ingin tahu, individu yang belajar terus tanpa adanya rasa bosan, bersikap positif, disiplin, dan berpikir rasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar