Sabtu, 02 Januari 2010

pertemuan 9 Quantum Learning

Quantum Learning
Quantum learning merupakan suatu pembelajaran, yang membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Kerangka pemikikiran Quantum learning seperti; sikap positif, yaitu kita harus selalu berfikir positif ketika kita sedang melakukan proses pembelajaran, kita harus yakin bahwa apa yang sedang kita pelajari, kita pasti bisa. Sebaliknya jika kita selalu berfikir negatif dan meyakini bahwa kita tidak mampu, maka tanpa sadar kita akan terus berpikir bahwa kita tidak bisa dan tidak mampu memahami apa yang sedang kita pelajari. Dengan bersikap positif itu juga akan membantu kekuatan pikiran kita, karena otak kita tidak terbatas, ketika kita sedang memasukkan ilmu-ilmu baru ke dalam otak kita. Gunakanlah otak kita sebaik mungkin. Motivasi juga merupakan salah satu kerangka pemikiran dari quantum learning, dengan motivasi yang diberikan setiap orang kepada kita, kita akan selalu terus bersemangat dalam belajar. Cara belajar yang menyenangkan, akan membantu kita dengan mudah memahami pelajaran yang sedang kita pelajari. Lingkungan belajar yang nyaman juga akan membantu kita merasa nyaman dan bersemangat belajar. Membaca cepat, dan catatan juga merupakan kerangka pemikiran quantum learning.
Pada dasarnya belajar haruslah menyenangkan, karena apabila semua aspek pendukung peserta didik telah terpenuhi dan sampai kepada titik aman dan nyaman untuk bergerak dan berubah maka segala proses pembelajaran akan berjalan dengan baik dan mencapai tujuan pendidikan.
Jadikanlah belajar menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan, jangan jadikan kegiatan belajar menjadi kegiatan yang menyeramkan atau membosankan. Belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan. Sejak kita kecil, belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan; seperti ketika kita berumur satu tahun, kita sudah mulai belajar berjalan ditemani dengan kedua orangtua, usia dua tahun kita belajar berkomunikasi dengan orang disekitar kita, ketika kita berumur lima tahun kita sudah mengetahui hampir 90% kata-kata, usia enam tahun kita belajar membaca, dan itu semua merupakan kegiatan belajar yang sangat menyenangkan. Tetapi, pada usia tujuh tahun keatas kita menganggap bahwa belajar menjadi kegiatan yang sangat menyeramkan, tidak menyenangkan ketika semasa kecil dulu. Bahkan dalam sehari, kita lebih sering menerima komentar negatif dibandingkan komentar positif. Jenis-jenis kecerdasan seperti sastra- linguistik dan logika-matematika dan masih banyak lagi jenis-jenis kecerdasan lainnya.
Otak tumbuh karena adanya stimulus. Dengan memberikan banyak stimulus untuk otak, otak akan semakin bertumbuh. Fungsi sensor motorik adalah stimulus berupa kontak dengan lingkungan, fungsi emosional-kognitif adalah stimulus berupa bermain, meniri, dongeng, dan fungsi kecerdasan lebih tinggi adalah pembelajaran.
Belajar aktif adalah belajar dari hal apa saja, dimana saja, dan dari situasi apa saja. dengan kita belajar secara aktif kita memanfaatkan apa yang kita pelajari untuk keuntungan kita sendiri. Jika kita belajar secara pasif kita tidak melihat kesempatan belajar dimanapun dan dari situasi apapun. Dengan belajar ilmu pengetahuan yang kita miliki menjadi sangat luas, dan pikiran kita juga akan terbuka, akan dunia yang sangat besar ini, dengan belajar kita akan memiliki kemampuan, baik kemampuan yang berupa intelegensi ataupun skill, dan itu akan menjadi kekuatan pribadi kita,
Setelah kita belajar dengan keras atau pun ketika kita sudah berhasil mengerjakan tugas yang membutuhkan pikiran dan usaha yang keras, tidak ada salahnya jika kita merayakan keberhasilan dari selesainya tugas kita. Dengan kita mengapresiasi diri kira dengan perayaan tersebut, akan memberikan kepercayaan diri, kesempurnaan, keberhasilan, dan motivasi untuk langkah kita berikutnya.
Lingkungan belajar yang nyaman akan memberikan kita kesempurnaan dalam belajar, maka dari itulah kita harus menata lingkungan dan suasana belajar kita senyaman mungkin dari perabotan yang kita gunakan, pencahayaan; lampu jangan terlalu terang dan gelap, tidak ada salahnya kita belajar dengan diiringi musik classic, karena dengan musik akan membuat perasaan kita tenang dan nyaman belajar. Dengan musik denyut nadi dan tekanan darah akan turun, dan otot-otot pun menjadi rileks. alat bantu visual, penempatan, temperatur ruangan yang diatur senyaman mungkin, dan suasana hati kita. Cara belajar kita adalah gabungan dari cara menyerap informasi, cara mengatur informasi, dan cara mengolah informasi. Modalitas belajar seperti dengan cara visual (melihat), dengan cara auditorial (mendengarkan), dan dengan cara kinestetik (gerakan). Tidak ada salahnya juga kita membuat peta pikiran, karena dengan menggunakan peta pikiran manfaat yang kita dapatkan sangat banyak seperti dengan peta pikiran belajar menjadi lebih fleksibel, memusatkan perhatian, meningkatkan perhatian, meningkatkan pemahaman, dan lebih menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar