Sabtu, 02 Januari 2010

Siswa Dengan Gangguan Bicara dan Bahasa

Siswa Dengan Gangguan Bicara dan Bahasa

Cobalah ini. Hanya untuk satu hari, atau bahkan satu jam. Berhenti di tengah-tengah setiap kalimat. Namun biarkan mulut Anda terbuka dan membuatnya jelas Anda mencoba berbicara tapi tidak bisa. Kemudian melihat bagaimana orang lain melihat Anda. Seperti kamu punya dua kepala. Sekarang pikirkan hidup Anda seperti itu. "
-Ronnie Kargill.

1. Kesalahpahaman Tentang Gangguan Bicara dan Bahasa
Gagap mempengaruhi semua umur dan kedua jenis kelamin sama.
Gagap lebih mempengaruhi anak laki-laki daripada anak perempuan dan lebih banyak anak daripada orang dewasa. Orang dewasa itu rasio biasanya dianggap berasal dari kenyataan bahwa, dengan masa dewasa, banyak orang dengan gagap telah dibantu oleh ahli bicara dan bahasa.

2. Gangguan bicara dan bahasa tidak berhubungan dengan kecerdasan
Data prevalensi menunjukkan bahwa walaupun dapat terjadi di antara individu yang sangat cerdas, mereka lebih sering ditemukan di antara orang-orang dengan kemampuan intelektual yang lebih rendah.

3. Gangguan artikulasi, pada anak-anak yang sangat muda khususnya, tidak serius, dan koreksi jarang sepadan dengan usaha atau risiko trauma.
Meskipun banyak anak-anak kecil yang unik pola bicara, gangguan artikulasi tidak boleh dianggap sebagai tidak signifikan. "Dia akan tumbuh dari itu." Sering merupakan pengganti tidak sesuai untuk tindakan perbaikan.

4. Jika seorang individu memiliki bicara atau gangguan mengukur, ia juga memiliki kemampuan belajar .
Sambungan tidak mutlak, meskipun kesulitan dengan bahasa mempengaruhi kedua bagian. Gangguan bicara dan bahasa juga tumpang tindih dengan bagian lain kebutuhan khusus, seperti ketulian.

5. Gangguan bicara dan bahasa adalah hal yang sama
Kebanyakan orang dengan gangguan bahasa, terutama anak-anak, juga memiliki masalah artikulasi. Tetapi sangat umum bagi seseorang untuk berbicara (yakni, articular) dengan jelas tanpa masuk akal.

*Bicara dan gangguan bahasa secara tradisional menjadi tanggung jawab spesialis dalam bidang bicara dan bahasa, dan umumnya di Ontario, ini tetap menjadi kasus. Sebagian karena terapi bicara dan bahasa dan perbaikan yang kokoh didirikan di sekolah-sekolah pendidikan khusus baik sebelum menjadi lebih atau kurang universal, wilayah khusus ini dukungan kecenderungan menjadi sedikit dari unit terpisah di kebanyakan yuridiksi, meskipun, secara administratif, adalah sering dikelompokkan dengan pendidikan khusus atau dengan pelayanan pendidikan. Bicara dan bahasa spesialis bekerja sama dengan pendidik khusus dan guru kelas reguler, tetapi karena tanggung jawab utama sebagian besar terletak di luar ranah pendidikan khusus, paling tidak dalam praktiknya, apa yang berikut ini hanya singkat atas pandangan ditawarkan untuk tujuan informasi.

Mendifinisikan gangguan bicara dan bahasa
Perkembangan bicara dan bahasa adalah proses yang kompleks. Bagaimana anak-anak mendapatkan keduanya, dapat memiliki efek dramatis pada kemampuan mereka untuk memahami dan berfungsi baik di dunia sosial dan akademis. Komunikasi, atau perubahan ide, dapat mengambil banyak bentuk, sebuah kata, ekspresi, gerakan tubuh. Kemampuan untuk menceritakan sebuah lelucon, bercakap-cakap dengan teman sebaya dan figur otoritas, atau jagoan-per setelah lampu mati, semuanya adalah bagian penting dari kommunicasi. Juga tidak semua berasal dari pita suara. Bahasa sering diucapkan, tetapi juga memberi isyarat dan tentu ditingkatkan dengan nada, gerakan wajah, dan posisi tubuh dan gerakan.

Ini penting untuk membedakan antara gangguan bicara dan bahasa. Di bidang komunikasi, gangguan bahasa dicirikan dengan gangguan suara, artikulasi suara, atau kelancaran. Gangguan bahasa mencakup baik reseptif dan bahasa ekspresif dan menginvestasikan dalam kemampuan siswa dalam menggunakan dan memahami tata bahasa.


Jenis-jenis gangguan bicara
Gangguan bicara, sementara lebih sering terjadi pada jenis populasi tertentu, tidak eksklusif kepada populasi orang dan dapat ditemukan di berbagai keragaman siswa. Dugaan dan pengobatan dari kelainan pada umumnya dilakukan oleh professional di lapangan, khususnya, ahli patologi bicara dan bahasa, walaupun sering dapat seorang guru atau asisten pendidikan yang pertama kali melakukan bahwa ada sesuatu yang mungkin tidak beres.

Ada berbagai terminologi di bagian ini yang perlu kekhususan, sehingga berbeda sering merujuk pada istilah yang sama atau sangat mirip jenis kondisi.
Berikut ini disajikan disini, karena keakraban dan frekuensi mereka dalam lapangan.
Gangguan artikulasi: Atypical produksi bunyi ujaran dalam suatu bahasa; misalnya, kelinci - rabbit.
Suara gangguan: produksi Atypical kualitas vokal, pitch (tinggi / rendah), kenyaringan dan Resonance; misalnya, yang keras atau berbisik kualitas vokal.
Gangguan kefasihan (gagap): aliran abnormal bicara ditandai oleh laju kerusakan dan irama; misalnya, pengulangan suku kata tertentu dari sebuah kata.

Jenis Gangguan Bahasa
Seperti gangguan bicara, gangguan bahasa yang ditemukan di spektrum yang luas dari populasi. Siswa dengan gangguan bahasa dapat berisiko dalam pengembangan keaksaraan. Pada tahap awal masa bayi, anak-anak mulai memperoleh keterampilan bahasa. Bayi kecil menanggapi suara dengan memutar kepala mereka dan tersenyum. Pada dua sampai tiga bulan, mereka mulai bicara, dan pada usia empat tahun memiliki sekitar 1.000 sampai 1.500 kata. Pada saat seorang anak mulai kelas satu, bagian-bagian yang lebih kompleks bahasa, seperti penggunaan kata kerja tidak teratur, sedang dikuasai.


Tidak semua anak mencapai kemampuan ini karena berbagai alasan. Mereka mungkin mengalami kesulitan pendengaran, beberapa tidak memiliki kemampuan mental yang lainnya tidak cukup terpapar bahasa.

Artikulasi Harapan
Anak-anak biasanya belajar sangat awal untuk mengekspresikan suara dalam pidato dalam hidupnya. Pada usia 8 tahun, kebanyakan anak-anak yang ada dalam repertoar mereka semua suara yang akan mereka gunakan untuk orang dewasa. Perolehan suara dalam pidato ini mengikuti pola yang sama untuk sebagian besar anak-anak
Dalam distribusi populasi normal, 90% dari semua anak akan menguasai suara-suara ini:
Pada akhir usia 3 - m /, n /, ng /, p /, h /, ay
Pada akhir usia 3 ~ '12 - y.
Bythe akhir usia 4 - b /, d /, g /, k /, r.
Pada akhir umur 41 / ~ - s /, sh /, ch.
Pada akhir usia 6 - t /, U, v /, th (seperti pada saat itu).
Pada akhir usia 7 - z /, zh
(seperti yakin) /, j /, th (seperti dalam tiga)

Bermain dengan kata-kata untuk membantu anak
•Gunakan sajak konyol
•Berbicara di suara yang berbeda (“saya akan marah dan saya akan lengah dan saya akan meledakkan rumah anda”)
•Jangan takut untuk mencoba mengucapkan kalimat yang sulit
•Membaca cerita
•Bermain permainan kata

Beberapa anak mungkin mengalami kesulitan dengan bahasa ekspresif, seperti dalam penggunaan kalimat yang salah: "Aku pergi ke toko kemarin." Anak-anak lain mungkin mengalami kesulitan dengan bahasa . Satu set arah seperti, "Dapatkan jaket merah dari lemari dan pastikan untuk mengenakan syal dan sarung tangan Anda"; mungkin ada banyak kesulitan. (dalam situasi yang terakhir tidaklah sulit untuk memahami mengapa intensif komplikasi di dalam lingkungan sekolah di mana pengajaran semacam ini berlimpah. “diskusikan dampak dari masyarakat perkotaan dengan pertanian sebagai akar penyebab untuk revolusi”)
Bahasa terdiri dari berbagai komponen, termasuk morfologi, fonologi, fonologi, sintaksis, semantik dan pragmatik. Komponen ini, ketika rusak atau tidak dikembangkan dengan cara apapun, mengakibatkan gangguan bahasa. Berikut ini adalah beberapa contoh sederhana.

Morfologi: memahami dan menggunakan bagian-bagian kata-kata yang memiliki makna. (Anjing menggonggong ketika mobil berlalu.)

Fonologi: menggabungkan bunyi untuk membentuk kata-kata dan memanipulasi urutan suara untuk membentuk bicara.

Syntax: aturan-aturan yang mengatur kombinasi dari kata-kata untuk membentuk kalimat yang koheren. (Apa yang dia lakukan?)

Semantik: menggabungkan kata dan kalimat untuk menyampaikan makna. Ini mungkin termasuk kesulitan dengan kata-kata yang menyatakan konsep-konsep yang berhubungan dengan ruang dan waktu, sebab dan akibat, sinonim, dan secara umum, istilah abstrak. (Aku akan pergi ke kelelawar untuk Anda - di referensi untuk membela seseorang.)

Pragmatik: menggunakan bahasa sosial: untuk menyapa orang lain, untuk meminta atau informasi, untuk protes, berpura-pura, dan menanggapi. (Seorang anak dengan gangguan bahasa yang pragmatis mungkin alam sosial normal.)


Gangguan Pemrosesan Auditori Pusat
Beberapa siswa tampaknya tidak akan mendengarkan, meskipun pendengaran mereka bisa saja utuh. Lebih dan lebih profesional di bidang bahasa ucapan dan percaya ini adalah karena pusat pemrosesan pendengaran '(CAP) kelainan: untuk mengakui sebagai bermakna, akustik sinyal yang dikirim ke area auditori otak. Biasanya, orang-orang umumnya menggunakan kedua telinganya untuk memadukan informasi dan untuk "menghilangkan" gangguan pendengaran (perhatian selektif). Orang-orang yang menunjukkan kesulitan CAP mungkin kehilangan kedua pesan, campuran mereka, atau tidak dapat mengintegrasikan informasi yang masuk melalui kedua telinga.
Menurut spesialis dalam gangguan bicara dan bahasa, siswa dengan gangguan CAP umumnya menunjukkan jenis perilaku berikut. (Namun, perlu dicatat bahwa perilaku juga dapat dikaitkan dengan banyak siswa yang memiliki kesulitan hal lain. Hal ini mungkin alasan mengapa pengertian pusat pengolahan gangguan pendengaran belum sepenuhnya diterima di daerah yang luas pendidikan khusus.)
•Tidak konsisten terhadap ucapan lisan
•Tanggapan yang lebih baik bicara lisan dengan tenang dari pada di lingkungan yang bising
•Menanggapi bicara di lingkungan yang mendistorsi bicara, seperti olahraga
•Tanggapan yang lebih baik bicara ketika pembicara dekat
•Sering memeriksa komunikasi seperti “apa?” atau “huh?”

Membantu siswa yang memiliki kesulitan proses informasi auditori
•Mengurangi gangguan
•Sadar akan gaya penyampaian. Menurunkan kecepatan bicara anda; menggunakan pengulangan, penjelasan sederhana, dan perbincangan yang pendek
•Gunakan dukungan visual untuk melengkapi dalam pembentukan
•Memverifikasi bahwa mereka telah (dan sedang) memahami



Untuk diskusi : kasus Brent
Brent, di TK senior, adalah sulung dari lima bersaudara. Pada dua bulan pertama sekolah, satu-satunya bentuk komunikasi adalah sedikit mengangguk-angguk seperti tidak mau berbicara. Di kelas, Brent tidak mengikuti rutinitas, tidak bersosialisasi dengan anak-anak yang lebih tua, dan menolak untuk memenuhi permintaan langsung dari guru. Meskipun akhirnya tidak mulai berbicara, dengan ucapan-ucapan itu bergumam dan tampaknya seakan-akan dirancang untuk menimbulkan kesulitan atau mengejek guru.

Setelah TK, Brent berperilaku mandiri di kelas dengan penekanan pada perilaku modifikasi. Dia mengganggu dan memprotes perilaku diam dalam penerimaan yang rendah pada pengaturan baru. Guru menyarankan kepada sekolah dalam tim yang memiliki penilaian oleh dewan bicara dan bahasa. Yang utama menindak lanjuti saran ini dan mendapat izin dari orang tua untuk melakukannya.Test Hasil penelitian menunjukkan bahwa, baik dalam bahasa ekspresif dan reseptif, Brent sedang pada tingkat usia dua dan setengah tahun, hasil yang memiliki implikasi yang mendalam bagi anak.

Sebuah IPRC ini akan diadakan minggu depan untuk membahas situasi. guru pendidikan maupun asisten di kelas yang mempunyai pelatihan di bidang bicara dan bahasa. Meskipun, mereka bersedia untuk melakukan program apapun untuk membantu Brent, sepanjang mereka diberi nasihat profesional dan supervisi. Dewan sekolah memiliki satu penuh waktu berbicara dan bahasa sesuai jadwal.Ia sangat sibuk, sekolah dua kali seminggu di mana dia bekerja dengan dua anak dalam satu kelas reguler. Jika ditempatkan di sini, ia akan meliputi dalam dua kali sesi mingguan.

Kelas satu, meskipun sangat sibuk dan agak berisik pengaturannya, dalam gaya pod-kamar dengan tiga kelas lainnya. Yang utama merasa bahwa karena intensitas kebutuhan bahasa Brent, hal ini mungkin tidak sama baiknya dengan pengaturan sebagai perilaku kelas, di mana hal-hal yang jauh lebih tenang dan lebih utama dapat dikontrol. Yang utama sekarang adalah mencari pendapat dari guru lain.

Memperoleh Bantuan
Banyak, jika tidak semua, dewan sekolah di provinsi bicara dan bahasa mempekerjakan seseorang untuk dukungan dan keahlian untuk guru-guru yang mungkin mencurigai bahwa seorang mahasiswa yang membutuhkan bantuan. Apa yang bervariasi dari papan ke papan adalah ketersediaan spesialis ini untuk memberikan intervensi langsung secara terus-menerus. Seringkali, ada terlalu banyak siswa yang memerlukan dukungan. Mengingat bahwa ini adalah kasus, pendidikan khusus guru atau guru kelas, dengan spesifik dari bicara dan bahasa patolog, dapat didaftarkan untuk bekerja secara langsung dengan siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa. Intervensi mungkin melibatkan bekerja pada suara tertentu, seperti `r ', atau bermain permainan kata yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan berbahasa ekspresif, dan lain kegiatan yang relatif mudah.
Dimana bantuan yang lebih luas diperlukan tetapi tidak tersedia di tingkat dewan sekolah, seorang ahli patologi bicara dan bahasa dapat merujuk kasus ke layanan dukungan pemerintah di luar yuridiksi dewan. Beberapa orang tua juga dapat memilih untuk mendapatkan dukungan secara pribadi.

Petunjuk Bicara atau Gangguan Bahasa
1. Apakah mahasiswa mengikuti petunjuk sederhana?
2. Apakah siswa memahami makna kata-kata yang orang lain mengerti?
3. Apakah ia atau dia punya kosakata terbatas dikupas dengan usia teman- temannya?
4. Apakah ia mengerti lagi, lebih komplek kalimat?
5. Apakah siswa mengikuti aturan-aturan umum tata bahasa?
6. Apakah mahasiswa sering mengalami kesulitan untuk menemukan kata yang tepat untuk mengekspresikan dirinya sendiri?

Saran Umum Untuk Guru
•Ulangi komentar siswa dengan tata bahasa yang benar dan dengan cara yang benar
•Struktur lingkungan untuk memungkinkan peningkatan peluang untuk interaksi
•Periksa pemahaman dengan meminta anak untuk mengulangi apa yang telah dikatakan
•Pada awalnya sebelum berbicara, dapatkan perhatian siswa (kontak mata, tekan di bahu)
•Jangan berpaling ketika kamu sedang berbicara
•Berbicaralah dengan suara yang jelas
•Waspadalah terhadap tingkat bahasa siswa dengan siapa kamu bekerja
•Parafrasekan ide-ide anda sendiri setelah berbicara untuk memastikan pemahaman pada berbagai tingkatan

Tanggung jawab Guru
Sebagaimana ditunjukkan sebelumnya, peran guru biasanya diatur oleh seorang spesialis dalam berbicara dan bahasa dan khusus untuk kebutuhan anak. Kasus yang lebih parah, semakin besar kemungkinan guru akan menjadi bagian dari sebuah tim dan akan memenuhi tanggung jawab untuk bagian dari program yang dikembangkan oleh orang lain. Namun, karena tidak ada dalam praktek adalah seperti yang muncul dalam teori, itu akan tetap membungkuk di atas kelas reguler dan guru pendidikan keuangan untuk menyediakan kepemimpinan dalam beberapa cara. Ini akan mencakup diperpanjang menyediakan banyak kesempatan bagi siswa untuk berbicara, membuat ruang kelas tempat yang menyenangkan baginya untuk bekerja pada bicara dan bahasa, dan pemodelan yang tepat terhadap siswa abnormal, sulit untuk memahami bahasa untuk siswa teman usia sebaya mengikuti.

Singkatnya, peran guru dengan gangguan bicara dan bahasa serupa dengan semua siswa: untuk menjadi guru profesional dan penuh kasih sayang yang mengambil tanggung jawab untuk mengembangkan seluruh individu. Perbedaan yang utama dalam bicara dan bahasa daerah terletak pada tradisi yang cukup bantuan yang biasanya disediakan oleh para ahli.



Saran suara untuk guru
•Tentukan sinyal untuk diam di dalam kelas.
•Cobalah untuk alamat mahasiswa ketika tidak ada yang lain berbicara dan siswa penuh perhatian.
•Pergilah kepada orang yang Anda ingin berbicara dengan bukannya berteriak seberang ruangan.
•Dorong periode tenang selama siang hari ketika tidak ada bicara adalah diperbolehkan (diberikan waktu membaca).
•Di gym atau di tempat bermain, menggunakan cara non-vokal (misalnya, peluit) untuk mendapatkan perhatian.
•Cobalah untuk melembabkan lingkungan. Sebuah pintu yang tertutup dan tumbuh-tumbuhan dapat membantu.
•Tirai, dan karpet meredam kebisingan.
•Air tetap berguna.
•Untuk keterangan lebih Investigasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar