Rabu, 06 Januari 2010

tugas uas MPD

“Piano Wonderland School”

Keahlian/ kompetensi yang akan diperoleh siswa
1.Siswa dapat memiliki kemampuan membuat lagu dari jenis musik classic, pop, dan jazz yang harmony
2.Siswa akan memiliki kemampuan untuk mengaransmen lagu dengan irama, tempo, dan melodi, yang harmony
3.Siswa akan dapat mengimprovisasi lagu, yang dapat mengembangkan daya kreativitas permainan piano siswa
4.Siswa akan memiliki kompetensi memainkan lagu yang tidak hanya berdasarkan text book, siswa dapat menghafal lagu dengan mudah, dan dapat memainkan lagu dengan iringan dan variasi yang berbeda dari lagu aslinya
5.Siswa akan memiliki kemampuan hearing, yaitu dapat mendengar lagu kemudian memainkannya sesuai dengan lagu yang didengarkannya
6.Siswa akan dapat memainkan piano dengan notasi not balok dengan kurikulum standar yang berlaku internasional
7.Siswa akan memiliki kemampuan mengkomposisi sebuah lagu
8.Siswa akan memiliki kemampuan reading not balok dengan cepat

Program utama piano wonderland

Piano wonderland merupakan sekolah musik yang fokus akan alat musik piano dengan beberapa jenis aliran musik seperti classic, jazz, dan pop. Program utama dari sekolah ini yaitu memotivasi siswa untuk berpikir bahwa musik itu menyenangkan dan ingin mengekspresikan diri sendiri melalui musik (permainan piano), serta meningkatkan kecerdasan anak, karena pengaruh musik pada kecerdasan anak, tidak hanya pada kecerdasan berpikir saja, namun juga kecerdasan emosi. Dengan mengajarkan siswa dan memperkenalkan kepada siswa jenis-jenis musik, mengajarkan scale dan cadence piano kepada siswa, mengenalkan keyboard harmony kepada siswa, mengajarkan sight reading, solo repertoire, duet repertoire, melatih hearing dan singing siswa sejak awal sehingga kemampuan hearing dan singing siswa sejalan dengan kemampuan permainan piano siswa, dan melatih siswa untuk merasakan irama di setiap lagu yang didengarkan atau pun dimainkan siswa.

Program pendukung

Program ini merupakan program penunjang yang akan dilakukan untuk menambah kemampuan siswa dalam bermain piano. Program penunjang dari sekolah ini adalah setiap siswa akan diberikan CD lagu-lagu repertoire piano dan lagu-lagu instrumentalia. CD ini akan digunakan pada siswa untuk berlatih di sekolah maupun di rumah. Selain repertoire yang dimainkan dengan piano, dalam CD tersebut juga termasuk sound module referensi yang membantu murid untuk mengembangkan imajinasi yang didapat dari rekaman permainan dengan electone, sound module ini dengan iringan ala concertino, sehingga siswa dapat latihan piano dengan menyenangkan, dan dapat menambah kecintaan siswa terhadap musik.

Alasan memilih program tersebut

Piano wonderland memberikan pendidikan permainan piano dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut secara bertahap dengan metode pengajaran yang menyenangkan, sehingga siswa akan merasakan bahwa musik itu bukan sesuatu hal yang membosankan, melainkan sesuatu hal yang menyenangkan, dan dengan musik kita dapat mengekpresikan diri. Piano wonderland akan memotivasi setiap siswa bahwa musik itu menyenangkan, dengan cara memberikan pelajaran-pelajaran musik yang menyenangkan, karena banyak sekali sekolah musik yang terlalu konvensional yang hanya selalu mengajarkan siswa bagaimana cara membaca not balok dan memainkan lagu saja, tanpa mengajarkan siswa bagaimana membuat suatu komposisi lagu dengan indah, dan mengaransmen suatu lagu dengan indah, dan bermain musik dengan menyenangkan. Melihat masalah-masalah yang sering bermunculan di sekolah musik lain, maka piano wonderland menciptakan suatu metode belajar yang menyenangkan, dan mengembangkan materi tentang musik dengan pelajaran musik yang beragam. Piano wonderland tidak hanya mengajarkan siswa bagaimana cara memainkan lagu ataupun membaca not balok saja. Piano wonderland mengajarkan siswa bagaimana menikmati musik dan merasakan irama musik, serta mengajarkan siswa untuk mengapresiasikan diri dengan musik, sehingga siswa dapat merasakan bahwa musik itu adalah sesuatu yang indah dan menyenangkan.
Piano wonderland mengajarkan jenis-jenis musik piano seperti classic, jazz, dan pop yang setiap jenis musiknya memiliki karakter dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Seperti misalnya piano classic yang bagi sebagian orang mengatakan bahwa piano classic adalah jenis musik yang sangat rumit karena harus menggabungkan antara kecepatan tangan, kekuatan tangan, dan kecepatan membaca not balok. Piano jazz yang lebih menonjol dalam iringan swing yang lebih mendominasi dengan scale jazz. Piano jazz merupakan jenis musik yang tidak text book, dan bermain penuh dengan improvisasi, berbeda dengan piano classic yang terpaku dengan text book. Sedangkan piano pop adalah jenis musik yang santai, dengan hanya menguasai chord-chord, bisa membuat suatu iringan musik yang harmony. Dengan kita bisa memainkan jenis musik piano pop ini akan banyak kesempatan untuk tampil di muka umum tidak hanya sebagai solo piano, tetapi dapat menjadi pengiring penyanyi atau musik, dan pemain band.

Piano wonderland mengembangkan pelajaran musik yang tidak ada di sekolah musik lainnya seperti; mengajarkan scale dan cadence piano kepada siswa agar siswa dapat mengetahui tangga nada yang terdapat pada piano dan melatih kecepatan tangan siswa sehingga dapat memainkan tangga nada sesuai dengan tempo piano yang rata-rata sangat cepat. Mengenalkan keyboard harmony kepada siswa, yaitu agar siswa dapat mengetahui melodi yang harmony dan melodi yang tidak harmony, sehingga nantinya siswa akan dapat menciptakan lagu-lagu yang harmony, dan dapat mengetahui tone range yang sangat luas di piano. Mengajarkan sight reading, agar siswa dapat membaca not balok dan langsung memainkannya secara lancar dan cepat tanpa harus berpikir lama-lama untuk membaca not balok. Solo repertoire, yaitu melatih siswa untuk memainkan lagu sendiri, dan duet repertoire adalah melatih siswa untuk dapat bermain lagu dengan dua orang dalam satu piano. Melatih hearing dan singing kepada siswa sejak awal sehingga kemampuan hearing dan singing siswa sejalan dengan kemampuan permainan piano siswa, dan melatih siswa untuk merasakan irama di setiap lagu yang didengarkan atau pun dimainkan siswa.

Program pendukung dilakukan untuk dapa menunjang kemampuan siswa dalam bermain musik agar para siswa dapat bermain dan berlatih musik secara menyenangkan dengan menggunakan CD musik. Dalam program ini juga dibutuhkan parent’s participation yaitu partisipasi orang tua untuk terus memotivasi anak-anaknya dalam bermain dan belajar musik, karena partisipasi dari orangtua sangat membantu setiap anak dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan bermusiknya, sehingga para siswa akan belajar musik seoptimal mungkin.

Sasaran dan kriteria siswa

Peserta didik yang akan menuntut ilmu di piano wonderland ini tidak terbatas. Sasaran siswa piano wonderland ini adalah siapa saja yang ingin belajar musik lebih dalam. Bisa dari kelompok anak-anak yang berusia 4-5 tahun untuk kelompok anak-anak, dimana anak-anak dirangsang untuk mencintai musik, dan mengembangkan minat anak-anak untuk mempelajari musik, dengan cara bermain. Kedua anak-anak usia 6-14 tahun yaitu kelompok anak junior, ataupun untuk kelompok dewasa antara 15 tahun keatas. Kriteria siswa yang akan belajar musik di piano wonderland ini adalah siswa harus memiliki kesukaan dan kecintaan yang lebih terhadap musik, khususnya alat musik piano, karena jika tidak memiliki rasa kesukaan dan hanya ingin sekedar belajar piano saja, dikhawatirkan siswa akan mudah jenuh ketika menghadapi pelajaran yang sulit. Siapa pun siswa yang ingin belajar musik di piano wonderland ini harus memenuhi persyaratan utama yaitu pada saat masuk ke sekolah piano wonderland siswa harus mengikuti tes musik terlebih dahulu untuk menentukan penempatan kelas dan wawancara minat jenis musik apa yang diinginkan dan diminati siswa, kecuali untuk anak-anak yang berusia 4-14 tahun.

Strategi Publikasi

Strategi publikasi dalam menjaring siswa masuk ke sekolah piano wonderland ini dilakukan secara terbuka. Memberikan dan menyebarkan leaflet ke berbagai tempat. Di dalam leaflet dijelaskan sistem pembelajaran yang dimiliki piano wonderland, kualitas guru-guru piano wonderland yang bertaraf internasional, lama belajar di piano wonderland, dan materi pelajaran yang terdapat dalam piano wonderland. Memasang spanduk di lokasi-lokasi yang strategis dan bonafit. Mengadakan open house, agar para calon siswa dan orangtua siswa dapat melihat langsung sekolah piano wonderland, sistem pengajaran piano wonderland, dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki piano wonderland. Membuat berbagai macam acara musik di berbagai tempat, dan mempromosikan ke dalam televisi maupun radio.

Proses dan alat seleksi yang digunakan serta kriteria kelulusan siswa

Proses seleksi siswa yang digunakan dalam piano wonderland adalah pertama siswa mengisi formulir pendaftaran calon siswa piano wonderland, setelah itu siswa mengikuti tes musik yang berupa tes membaca not balok, dan tes memainkan piano dengan lagu yang sebelumnya sudah dipersiapkan siswa terlebih dahulu , setelah mengikuti tes siswa menunggu hasil dari tes tersebut, apakah lulus menjadi siswa atau tidak. Setelah siswa mendapat hasil tes tersebut dan dinyatakan lulus siswa harus mendaftar ulang dan mengisi biodata siswa, dan orangtua. Siswa tinggal menunggu pengumuman kapan siswa tersebut dapat masuk sekolah. Untuk anak-anak yang usianya 4-14 tahun tidak mengikuti tes apapun, hanya mengisi formulir pendaftaran saja. Alat seleksi calon siswa baru yang digunakan adalah para calon siswa (15 tahun keatas) harus mengaransmen lagu yang sesuai dengan kemampuannya, supaya sekolah dapat mengetahui apakah calon siswa tersebut tertarik dengan musik atau tidak, karena siswa yang ingin masuk dan menjadi siswa piano wonderland harus memiliki ketertarikan, kesukaan, dan kecintaan terhadap musik, terutama alat musik piano. Ditujukan untuk anak-anak umur 15 tahun keatas karena dari umur segitu lah terlihat apakah siswa tersebut benar-benar menyukai musik atau tidak, karena jika dilakukan tes musik kepada anak-anak yang dibawah umur 15 tahun, belum terlalu terlihat karena masih dalam pembentukan untuk mencintai musik, dan mengembangkan minat anak-anak untuk mempelajari musik,

Kriteria kelulusan siswa ditentukan oleh pihak piano wonderland itu sendiri, diantaranya adalah siswa harus mengikuti ujian yang diselenggarakan piano wonderland. Kriteria kelulusan siswa piano wonderland adalah Siswa dapat membuat lagu dari jenis musik classic, pop, dan jazz yang harmony, siswa harus dapat untuk mengaransmen lagu dengan irama, tempo, dan melodi, yang harmony, siswa harus dapat mengimprovisasi lagu, siswa harus dapat menghafal 3 lagu classic yang nantinya akan diujikan, siswa mampu memainkan piano dengan notasi not balok dengan lancar, dan dapat menghasilkan suatu komposisi lagu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar