Selasa, 09 Maret 2010

pertemuan 2

Pertemuan 2
Dasar Manajemen Keuangan

Macam-macam bisnis yaitu service bussiness yaitu suatu bisnis yang produknya dihasilkan saat akan diberikan pada konsumen; trade bussiness yaitu menjual produk HJ= UC+PM (hutang jual= unit cost+provit margin), provit margin adalah laba yang diharapkan, bukan laba aktual hanya sebagai laba prediksi, dalam kasus ini contohnya seperti customer yang minta nilai diskon; manufacture bussiness yaitu bisnis mengolah bahan mentah (raw material) menjadi barang jadi. Dalam proses produksi ada tiga biaya yaitu, raw material (jumlah biaya paling besar dibanding bahan lain), biaya tenaga kerja langsung, over head (biaya lain-lain), dan yang terakhir adalah biaya pembantu (kadang-kadang saja); dan private bussiness yaitu bisnis perorangan, dan tidak berbadan hukum.

Macam-macam badan usaha seperti firma (terdapat partner dan managing partner ) dan biasanya namanya mengikuti pemilik (contohnya yaitu kantor pengacara atau kantor notaris); CV (perseroan komanditor) yaitu ada partner tetapi hanya untuk membagi modal, pertanggung jawaban persero pasif hanya sejumlah uang yang ditanamkan, berbeda dengan persero aktif; PT (perseroan terbatas), modalnya terdiri dari saham-saham, setiap pemegang saham yang tidak menjadi pengurus perusahaan hanya bertanggung jawab sebatas saham saja. pemegang saham sama seperti dewan direksi, pengurus perusahaan sama seperti dewan komisaris, dan perusahaan umum bersifat non profit dan milik pemerintah daerah. BHMN (milik negara) tetapi boleh mencari dana dari masyarakat contohnya seperti UI, UGM, dll. BHMN ada dua yaitu BUMN dan BUMD.

Laporan keuangan (financial statemen)
Income statement (laporan laba/ rugi) yaitu informasi tentang pendapatan perusahaan dalam jangka waktu tertentu dan biaya-biaya terkait. Terdapat 2 komponen penting dalam laporan ini yaitu income dan expense (operationan expense dan under expense). Bisnis terbagi menjadi 3 yaitu Badan hukum, jenis usaha, dan pemilik yang termasuk badan hukum yaitu PP, Firm, Kop, CV, PT(tertutup dan terbuka), BHMN, BHP. Yang termasuk jenis usaha yaitu jasa, perdagangan, dan industri/manufaktur. Yang termasuk pemilik yaitu masyarakat/public, pemerintah pusat (BUMN), pemerintah daerah (BUMD), dan campuran.
A= C
A= L+C
A= CA+FA+IFA
NFA = FA-DA
NIFA= IFA-Am
IFA= surat ijin+perijinan
= konsesi
IPO= Biaya go public
L= CL+LTL

Transaksi keuangan adalah kejadian yang dilakukan oleh 2 pihak atau lebih yang berakibat pada perubahan nilai pada 2 account atau lebih yang dapat dinilai dengan uang. Jurnal (buku jurnal) adalah catatan transaksi keuangan yang menginformasikan pengaruh transaksi terhadap account. Posting (buku besar) adalah memindah jurnal ke buku besar. Tugas manajer keuangan terbagi menjadi dua yaitu mencari uang/sumber pembiayaan (pemilik berkaitan dengan modal, bank berkaitan dengan utang, masyarakat berkaitan dengan go public), dan menggunakan uang (operasional, investasi, anggaran berkaitan dengan skala prioritas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar