Selasa, 09 Maret 2010

semester 4 manajemen keuangan

Pertemuan 1
Konsep Dasar Akuntansi
Fokus utama seorang manajer keuangan terdapat pada dana, pengeluaran, dan harus menyusun skala prioritas dalam mengelola dana. Dana yang dimiliki bisa berasal dari modal pemilik, yaitu modal yang dimiliki seorang pemilik yang ingin memulai bisnisnya; pinjaman yaitu bisa berasal dari pinjaman bank, atau pinjaman dari orang-orang dengan bunga yang sudah disepakati sebelum pinjaman uang diserahkan; dan yang terakhir bisa berasal dari uang investasi. Tugas utama seorang manajer keuangan adalah mencari dana, mengalokasikan dana berbasis anggaran, dan membuat skala prioritas.

Dalam mengambil pinjaman,kita harus punya analisis mengenai kekuatan pengembalian pinjaman, dan analisis pasar keuangan (bunga pinjaman, sistem bunga, inflasi,dll). Pada saat kita ingin menyusun anggaran dana kita juga harus memperhatikan unit cost, BEP, harga jual, dll. Harga jual haruslah reasonable, yaitu harga jual suatu barang atau produk tidak terlalu rendah, ataupun terlalu tinggi, kita juga bisa menggunakan strategi good will (nama baik).

Konsep bussiness entinity (konsep kesatuan usaha) : pemisahan pencatatan keuangan pribadi dengan bisnis atau pun perusahaan. Aktiva terbagi menjadi tiga, yaitu current asset yaitu seperti utang atau barang; fixed asset yaitu seperti tanah atau bangunan; dan itangible fixed asset yaitu izin perusahaan. Current asset mengalami penyusutan nilai. IFA mengalami amortisasi (penyusutan juga). Yang termasuk hutang ada current liabilities yaitu hutang lancar (hutang gaji), dan long item liabilities yaitu hutang jangka panjang (pembayaran lebih dari 1 tahun). Capital ataupun modal akan bertambah jika ada profit, dan berkurang jika rugi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar