Minggu, 18 Oktober 2009

Pertemuan 1: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan

Pada pertemuan pertama Pak Amril memulai kuliahnya dengan memberitahu peraturan-peraturan yang harus dijalani dan dipatuhi oleh para mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Manajemen Peserta Didik. Dari peraturan tidak boleh terlambat memasuki kelas, peraturan tugas-tugas dan Pak Amril juga mewajibkan kami para mahasiswa yang mengikuti mata kuliahnya untuk membuat facebook, facebook kami digunakan untuk bergabung di group facebook yang telah di beri tahu dan ditentukan Pak Amril dan juga kami harus membuat blog individu untuk memposting tugas-tugas serta artikel-artikel yang sesuai dengan mata kuliah ini.

Pak Amril juga memberi tahu setiap tugas yang diketik itu harus teliti disetiap pengetikannya, tidak boleh ada yang salah pengetikannya, karena jika salah ketik saja nilai kami akan di kurangi. Pada pertemuan pertama pada kuliah ini juga dijelaskan beberapa tuntutan kompetensi sumber daya manusia seperti; pengetahuan atau wawasan global, keterampilan global, sikap atau prilaku. Dijelaskan juga beberapa prinsip hidup seperti; be your self : kita harus menjadi diri sendiri dan tidak mengikuti apapun yang dilakukan teman-teman kita,kita harus percaya pada diri kita sendiri, percaya pada apa yang kita lakukan dan tidak mengikuti orang lain, jika kita tidak menghargai diri kita sendiri bagaimana orang lain menghargai diri kita. if you not for your self, who will be for you, do your best : maksimalkanlah semua kemampuan yang kita miliki didalam diri kita sendiri dalam berbagai hal yang sedang kita kerjakan, but be prepared for the worst : persiapkan segala sesuatu atau segala kemungkinan untuk hal yang buruk.

Selain itu Pak Amril juga menjelaskan bahwa kunci kesuksesan dalam hidup tidak dapat dilihat hanya dari bentuk nilai raport atau ijazah, tetapi juga dari hasil karya atau prestasi yang kita peroleh. Banyak orang yang selalu membanggakan hasil-hasil nilai mereka, tetapi mereka tidak bisa menghasilkan sesuatu yang berguna untuk orang-orang sekitar kita. Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna bagi orang lain.

Sedangkan untuk materi pada pertemuan pertama ini adalah tentang Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Secara garis besar, Paradigma itu sendiri adalah cara pandang seseorang terhadap diri dan lingkungannya yang akan mempengaruhinya dalam berpikir bersikap dan bertingkah laku. Jadi disini kita dapat mengetahui cara pandang seseorang tentang manajemen pendidikan.

Ada beberapa ciri-ciri paradigma baru pada manajemen pendidikan. Diantaranya adalah,

1. Kompetitif, yaitu adanya persaingan dalam pendidikan, dimana para peserta didik bersaing secara sportif untuk menjadi yang terbaik, sehingga terjadi peningkatan pada mutu pendidikan kita

2. Transparan , dalam pendidikan perlu adanya keterbukaan dan kejujuran.tidak ada yang ditutupi dalam pengaturan manajemen pendidikan. Sehingga tercipta manajemen yang bersih dan terbuka.

3. Spesialis, dalam pelaksanaannya, manajemen pendidikan harus dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidangnya. Dengan kata lain, kita membutuhkan orang yg mempunyai spesialisasi dalam masing-masing bidangnya.

4. Profesional, melakukan semua pekerjaannya secara profesional, dengan sepenuh hati, tidak setengah-setengah. Sehingga hasil kerja yang dihasilkan sesuai dengan yang dibutuhkan.

5. Dinamis , yaitu, peserta mampu melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan sekitarnya. Sehingga mudah dalam melakukan setiap pekerjaan.

6. Adaptif , maksudnya adalah, mampu beradaptasi dengan trend-trend yang ada saat ini. Mampu menyesuaikan diri dengan berbagai lingkungan.

Setelah membahas ciri-ciri paradigma baru manajemen pendidikan, maka penjelasan selanjutnya adalah tentang Tuntutan-Tuntutan Terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Tuntutan tersebut diantaranya :

1. Pengetahuan atau Wawasan Global

- Konseptual yang integratif dan aplikatif

- Orientasi Pada Solusi,Inovasi & Kreatifitas

- Nilai-nilai Universal (Lintas Budaya)

2. Keterampilan global

- Komunikasi multi budaya, yaitu menguasai beberapa bahasa internasianal seperti bahasa inggris atau bahasa mandarin.

- Pemanfaatan tekhnologi informasi, yaitu dapat memanfaatkan teknologi informasi sebagaimana mestinya, serta tidak menyalahgunakan teknologi informasi tersebut

- Pengembangan Intelectual+ Emotional+ Adversity Skill, mampu menyeimbangkan ketiga kecerdasan tersebut agar tercipta SDM yang berkualitas

3. Sikap atau perilaku

- Dinamis &Flexible

- Inisiatif & Proaktif

- Inovatif & Kreatif

- Mandiri

Inilah materi yang diberikan oleh Pak Amril selama kuliah pertemuan pertama ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar