Minggu, 18 Oktober 2009

Pertemuan 2: Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik

Pada pertemuan kedua ini dijelaskan tentang arti manajemen yaitu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi. Efektif berarti mengarah kepada tujuan yang akan dicapai sedangkan efisien berarti mengarah kepada metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut. Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur (formal, informal, dan non formal), jenjang (SD, SMP), jenis (umum, vokasi, kejuaraan).

Pada pertemuan ini juga Pak Amril menceritakan tentang suku kajang, suku yang masih mengasingkan diri dari dunia luar dan disana terdapat anak-anak yang sangat memiliki banyak potensi yang dimiliki, dan Pak Amril beserta temannya sedang memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri anak itu. Fungsi dari Manajemen Peserta Didik terdapat dua, yaitu fungsi manajerial : POAC(Planning, Organization, Actuating, Controling) dan fungsi operasional : rekrutmen, seleksi, penempatan, orientasi, pengembangan, Bimbingan dan konseling, layanan tambahan, pemberhentian, sistem informasi kesiswaan.

Fungsi Manajerial :

  1. Perencanaan terdiri dari; pemilihan dan penempatan tujuan, analisis kohort : menjelaskan akibat yang terjadi terhadap populasi kohort setelah diamati dan diikuti selama jangka waktu tertentu, dan penentuan : strategi, kebijakan, program, prosedur, metode, sistem, anggaran, standar yang dibutuhkan.
  2. Pengorganisasian dibuat untuk : menentukan sumber daya dan kegiatan untuk mencapai tujuan, merancang dan mengembangkan organisasi atau tim kerja, memberikan penugasan atau tanggung jawab tertentu, memberi kewenangan.
  3. Pengarahan yaitu mengarahkan orang agar mau bekerja, mengkomunikasikan setiap masalah yang dialami atau kegiatan yang sedang dikerjakan, memberikan motivasi, dan dan disiplin disetiap kegiatan yang sedang dikerjakan.
  4. Pengawasan berarti maksudnya disini adalah apakah suatu tujuan yang telah direncanakan dan dijalankan tercapai ? , kegiatan-kegiatan yang tidak dibutuhkan lagi sebaiknya jangan terjadi lagi, penetapan standar, penentuan ukuran kinerja, pengukuran hasil pelaksanaan : dibandingkan dengan standar, dan pengambilan tindakan koreksi : bila ada penyimpangan.

Fungsi Operasional :

  1. Rekrutmen disini maksudnya adalah bagaimana membuat calon siswa terpikat masuk ke dalam suatu lembaga kursus atau sekolah dengan cara misalnya sekolah tersebut memiliki fasilitas-fasilitas yang bagus dan lain-lain, mengadakan juga evaluasi jumlah pendaftar , jumlah yang diterima, dan jumlah siswa yang masuk.
  2. Seleksi yaitu langkah-langkahnya seperti administratif, tes-tes (psiko, TPA, performance), wawancara, evaluasi medis, keputusan hasil seleksi.
  3. Penempatan yaitu sekolah melakukan penempatan kelas, atau penempatan jurusan.misalnya si A ditempatkan di kelas 1A dan pada jurusan IPS. Selain itu adanya manajemen kelas, maksudnya , kelas mempunyai manajemen sendiri, misalnya: apakah kelas itu Moving class,atau staying class serta posisinya.
  4. Orientasi, tujuannya untuk mengenalkan siswa terhadap lingkungan sekolahnya dengan memberikan materi-materi tentang sejarah sekolah, hak dan kewajiban, fasilitas, personalia, tata krama. Yang biasanya diadakan sebelum kegiatan belajar mengajar.
  5. Pengembangan, biasanya terdiri dari

- Kurikuler

- Co kurikuler

- Ekstra kurikuler

- Organisasi

  1. Bimbingan dan konseling

- Memberikan pengarahan tentang penyelesaian studi dan pengembangan karir

- Memberikan motivasi untuk mengembangkan potensi dan kekuatan yang dimiliki seoptimal mungkin

- Mengarahkan agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat dan lingkungan kerja

- mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat, serta lingkungan kerja.

  1. Fasilitas dan layanan, diberikan kepada peserta didik agar dapat memudahkan mereka, fasilitas dan layanan yang diberikan antara lain :

- Beasiswa

- Kantin

- UKS, klinik dan dokter kecil

- Sarana olahraga dan seni

- Serta sarana ibadah

  1. Pemberhentian

- Drop Out(DO), pemberhentian secara tidak hormat karna melakukan pelanggaran berat

- Mutasi atau dipindahkan

- Serta Kelulusan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar