Minggu, 18 Oktober 2009

Pertemuan 4: Perencanaan Peserta Didik

PERTEMUAN 4

Pada pertemuan ini Pak Amril membahas tentang mengapa harus ada perencanaan dalam merencanakan peserta didik. Pengertian dari perencanaan peserta didik itu adalah ada beberapa aspek, seperti; waktu yang akan datang, pengambilan keputusan yaitu memilih alternatif terbaik dalam pengambilan keputusan yang akan diambil dan memilih beberapa alternatif, sistematis yaitu menggunakan langkah-langkah dan prinsip-prinsip tertentu dan bersifat ilmiah, dan harus mencapai tujuan dari perencanaan yang telah dibuat.

Perencanaan adalah penentuan urutan tindakan, perkiraan biaya, serta penggunaan waktu untuk mengelola peserta didik yang didasarkan atas data dengan memperhatikan prioritas yang wajar, dan bersifat efisien untuk tercapainya tujuan pendidikan. harus adanya perencanaan adalah untuk menentukan arah dan tujuan yang akan dicapai, apa yang akan dikerjakan dalam perencanaan yang telah dibuat, kapan rencana tersebut dikerjakan, bagaimana cara mengerjakan perencanaan tersebut, dan siapa saja yang akan mengerjakan perencanaan tersebut. Ada dua faktor dari perencanaan peserta didik, yaitu; faktor eksternal, dan faktor internal resources analysis. Muatan perencanaan pendidikan juga harus diperhatikan agar tepat pada sasarannya.

Faktor eksternalnya antara lain,

  1. Industry dan Market, yaitu kemampuan apa yang dibutuhkan oleh pasar ?. kita harus tau apa yang dibutuhkan oleh pasar. Ini jelas adalah faktor eksternal yang penting karena untuk menghasilkan perencanaan peserta didik yang baik, kita harus mengetahui kemampuan apa yang dibutuhkan oleh pasar.
  2. Competitor, competitor adalah sebuah unsur yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan makhluk hidup. Setiap makhluk hidup termasuk manusiaakan terus bersaing agar tetap eksis. Persaingan inilah yang akan menghasilkan juara dan pecundang. Persaingan akan melahirkan manusia-manusia berkualitas. Sehingga dalam pembuatan perencanaan kita pasti juga membutuhkan competitor untuk membandingkan perencanaan kita dengan perencanaan lain sehingga bisa tercipta perencanaan peserta didik yang lebih baik.
  3. Political dan regulatory, ini adalah salah satu faktor eksternal dalam perencanaan peserta didik. Faktor politik sangat mempengaruhi, dan regulatory atau peraturan berpengaruh untuk membuat perencanaan yang sesuai aturan.
  4. Social, dimensi sosial harus sangat diperhatikan pada perncanaan peserta didik. Karena faktor sosial juga amat penting.
  5. Human Resources. Tanpa sumber daya manusia, perencanaan peserta didik tidak akan berjalan dengan semestinya, sehingga agar terciptanya perencanaan yang baik kita harus mempunyai sumber daya manusia yang baik dan berkualitas.
  6. Macro economic. Adalah variabel-variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan). Variabel-variabel tersebut antara lain : pendapatan nasional, kesempatan kerja dan atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional. Pada perencanaan peserta didik, yang paling diperhatikan adalah pendapatan nasional.
  7. Technological , tidak bisa dipungkiri lagi. Teknologi merupakan faktor eksternal yang paling berpengaruh. Karena, teknologi di dunia ini semakin lama semakin berkembang, perkembangan teknologi inilah yang dapat mempengaruhi manajemen peserta didik.

Faktor Internal Resources Analysis, antara lain.:

  1. Financial, financial atau keuangan merupakan faktor yang sangat penting. Tanpa uang perencanaan ini tidak berjalan seperti yang kita inginkan. Jika ingin menghasilkan perencanaan yang lebih baik, kita harus mempunyai kondisi finansial yang baik pula.
  2. Human Resources Assesment. Seperti pada faktor eksternal, pada faktor internal juga membutuhkan sumber daya manusia yang baik.
  3. Marketing Audit, berfungsi untuk melihat atau mengecek semua biaya-biaya yang dikeluarkan pada perencanaan tersebut.
  4. Operation Analysis. Disini adalah proses pembelajaran dianalisis.
  5. Internal Resources lainnya. Antara lain: MIS atau Management Information System dan R&D atau Research And development.

Materi perencanaan peserta didik seperti : rekrutmen, seleksi, penempatan, orientasi, pengembangan, bimbingan konseling, mutasi, fasilitas pelayanan, pemberhentian atau redundansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar